Unknown On Rabu, 28 Mei 2014

Semua kegiatan/ pekerjaan yang kita kerjakan tentu mengakibatkan resiko, dalam semua bidang pekerjaan, namun dalam hal ini saya ingin membagi beberapa ketentuan yang harus kita laksanakan di bidang perakitan komputer. Berikut point- point yang harus di jalankan dalam proses perakitak komputer :


1. Menguasai Ilmu

Sebelum kita merakit komputer, tentu saja kita harus mengerti terlebih dahulu ilmu tentang komponen-komponen komputer ini. Ilmu ini meliputi karakteristik dari masing-masing komponen, kesesuaian dari komponen satu dengan komponen yang lain, maupun ilmu tentang bagaimana merakit komputer itu sendiri. Tanpa penguasaan ini, keselamatan kerja dalam merakit komputer akan susah diwujudkan terutama keselamatan dari komponen-komponen komputer tersebut.


2. Mematikan Listrik

Hal yang paling utama yang harus diperhatikan saat merakit komputer adalah mematikan aliran listrik ke komputer. Hal ini disebabkan agar kita terhindar dari sengatan arus listrik yang mematikan. Selain itu, komponen komputer juga sangat rentan terhadap listrik. Ketika kita salah merakit komputer, kita bisa memperbaiki letak komponen tersebut tanpa takut tersengat listrik atau komponen akan rusak.


3. Menggunakan Alat Keselamatan Kerja

Selanjutnya yang perlu diperhatikan tentang keselamatan kerja dalam merakit komputer adalah memakai atau menggunakan alat keselamatan kerja. Yang utama adalah memakai alas kaki dari bahan karet. Alas kaki ini akan menghindarkan kita dari sengatan listrik. Menggunakan obeng dan peralatan lain yang digunakan yang sudah dilapisi karet. Karena komponen-komponen komputer ini juga terdiri dari komponen elektronika yang bisa menyimpan listrik dan sangat berbahaya jika dipegang langsung oleh manusia.
Tujuan utama keselamatan kerja dalam merakit komputer adalah memberikan keselamatan kepada orang yang merakit dan tentunya juga kepada komputer yang dirakit agar bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments