Popular Posts
-
Bidang pandangan atau framing adalah suatu langkah pengambilan gambar yang harus menentukan luas bidang pandangan untuk suatu obyek utama d...
-
Basic Input Output System atau sering disebut BIOS. BIOS digunakan untuk mengatur komponen PC secara software atau dengan kata lain disebut ...
-
MEMAHAMI PENGGUNAAN PERALATAN TATA CAHAYA Secara umum, tata cahaya berfungsi untuk membentuk situasi, menyinari gerak pelaku, dan memper...
-
Storyboard/Storyline adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ...
-
ALAT PENDUKUNG KAMERA Tripod , penyangga kamera yang terdiri dari tiga kaki. Monopod , penyangga kamera yang hanya mempunyai satu kaki....
-
Langkah Instalasi Software Berbasis Teks Menginstal software bisa melalui DOS, sebagai misal Kamu akan memulai penginstalan untuk pertamak...
-
Setelah semua langkah pemilihan komponen, perakitan, dan pengaturan baik hardware maupun software dari komponen dan peripheral perlu dilakuk...
-
1. Cable Release Fungsi dari alat ini adalah sebagai pengganti tombol pelepas rana. Alat ini akan memudahkan fotografer ketika men...
-
Kamera video adalah perangkat kamera yang digunakan untuk mengabil gambar bergerak dan menyimpannya pada media tertentu, dimana kemudian ak...
-
Alat dan Bahan Alat : 1. Obeng Plus (+) 2. Obeng Minus (-) 3. Tang Lancip (Capit Buaya) 4. Multimeter/Multitester 5. Pinset 6. Gelan...
Diberdayakan oleh Blogger.
Blog Archive
-
2014
(41)
- September (1)
-
Agustus
(24)
- 3.3 Memahami Prosedur Pengoperasian Kamera Video
- 3.3 Memahami Prosedur Pengoperasian Kamera Video
- 3.1 Peralatan Pengambilan Gambar Bergerak
- 3.2 Memahami Format Video
- 3.4 Memahami Teknik Memegang Video
- 3.5 Memahami Pengoperasian Pencatat Adegan
- 3.6 Memahami Ukuran Bidang Pandang Pengambilan Gam...
- 3.7 Memahami Sudut Pandang Pengambilan Gambar Berg...
- 3.8 Memahami Perekaman Suara Narasi Dengan Kamera
- 3.8 Memahami Perekaman Suara Narasi Dengan Kamera
- 3.9 Menerapkan Prosedur Penggunaan Peralatan Pendu...
- 3.10 Menerapkan Prosedur Transfer Data Video ke Me...
- 3.16 Memahami Pembuatan Film Pendek
- Mengoperasikan kamera (untuk foto)
- Teknik Pengambilan Gambar Produksi
- MENJELASKAN PROSEDUR PENGOPRASIAN VIDEO EDITOR
- Membuat dan Menyunting Video Dengan FreeMake Video...
- 3.15 Memahami Tata Cahaya
- Memahami Tata Cahaya
- 3.14 Memahami Komposisi Obyek Pada Pengambilan Gam...
- 3.13 Memahami Teknik Pergerakan Kamera Saat Pengam...
- 3.12 Memahami Storyboard
- 3.11 Memahami Skenario
- Teknik Pengambilan Gambar Berdasarkan Gerakan Kamera
- Mei (10)
- Februari (2)
- Januari (4)
- Home »
- 3.6 Memahami Ukuran Bidang Pandang Pengambilan Gambar Bergerak
Unknown
On Senin, 25 Agustus 2014
Bidang pandangan atau framing adalah suatu langkah pengambilan gambar yang harus menentukan luas bidang pandangan untuk suatu obyek utama dan obyek lainnya dalam hubungannya dengan latar belakang.
Macam Bidang Pemandangan Gambar :
1. ELS ( Extreme Long Shot)
2. LS (Long Shot)
3. MLS (Medium Long Shot)
4. MS (Medium Shot)
5. MCU (Medium Close Up)
6. CU (Close UP)
7. BCU ( Big Close Up)
8. ECU (Extreme Close Up)
2. LS (Long Shot)
3. MLS (Medium Long Shot)
4. MS (Medium Shot)
5. MCU (Medium Close Up)
6. CU (Close UP)
7. BCU ( Big Close Up)
8. ECU (Extreme Close Up)
-ELS ( Extreme Long Shot)
Shot sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang sangat luas, kamera mengambil keseluruhan pandangan. Obyek utama dan obyek lainnya nampak sangat kecil dalam hubungannya dengan latar belakang.
-LS (Long Shot)

Shot sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dibandingkan dengan ELS, obyek masih didominasi oleh latar belakang yang lebih luas.

Shot sangat jauh, menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dibandingkan dengan ELS, obyek masih didominasi oleh latar belakang yang lebih luas.
- MLS (Medium Long Shot)
Shot yang menyajikan bidang pandangan yang lebih dekat dari pada long shot, obyek manusia biasanya ditampilkan dari atas lutut sampai di atas kepala.
- MS (Medium Shot)

Di sini obyek menjadi lebih besar dan dominan, obyek manusia ditampakkan dari atas pinggang sampai di atas kepala. Latar belakang masih nampak sebanding dengan obyek utama.
- MCU (Medium Close Up)
Shot amat dekat, obyek diperlihatkan dari bagian dada sampai atas kepala. MCU ini yang paling sering dipergunakan dalam televise.
- CU (Close UP)

Shot dekat, obyek menjadi titik perhatian utama di dalam shot ini, latar belakang nampak sedikit sekali. Untuk obyek manusia biasanya ditampilkan wajah dari bahu sampai di atas kepala
- BCU ( Big Close Up)

Shot yang menampilkan bagian tertentu dari tubuh manusia. Obyek mengisi seluruh layar dan jelas sekali detilnya

Shot yang menampilkan bagian tertentu dari tubuh manusia. Obyek mengisi seluruh layar dan jelas sekali detilnya
thanks infonya (y)
BalasHapus